Soldier: Aksi Anggota Prajurit Terbaik yang Terlatih Tak Memiliki Emosi dan Ekspresi Sejak Kecil

  • Recap king
  • 04 November 2022

‘Soldier’ adalah film laga dan fiksi ilmiah Amerika Serikat yang dirilis tahun 1998. Film ini disutradarai Paul W. S. Anderson dan dibintangi Kurt Russell yang bermain sebagai Sersan Todd, seorang prajurit yang dilatih sejak lahir. Pemeran yang juga membintangi film ini adalah Gary Busey, Jason Scott Lee, Jason Isaacs, Connie Nielsen, Sean Pertwee dan Michael Chiklis.

Cerita dimulai saat sebuah organisasi khusus militer Amerika Serikat sengaja mengumpulkan bayi-bayi tidak berdosa yang lahir pada 1996. Bayi dengan kekuatan fisik dan kecerdasan genetik akan diadopsi dan menjalani pelatihan khusus yang diberikan oleh organisasi. 

Mereka akan dididik menjadi pasukan militer yang sangat kuat dan patuh pada atasannya serta tidak memiliki emosi. Sejak usia 5 tahun, anak-anak dilatih dalam pengendalian rasa takut dan diajarkan untuk tidak berbicara atau bertindak tanpa izin pelatih. Mereka juga diperlihatkan adegan kekerasan dan kekejaman agar menuruti semua pimpinan. Saat usia 17, anak-anak mulai menjalankan berbagai misi tempur melawan berbagai musuh militer AS.

Kemudian ditemukanlah seorang anak yang paling kuat dan menonjol bernama Todd. Saat usia 30 tahun, Todd ditugaskan sebagai komandan pasukan atau sersan yang akan memimpin seluruh pasukan dalam setiap misi. Melihat perkembangannya dan anggota pasukan khusus lainnya, Kapten Church yang menggagas pembentukan pasukan khusus sagat puas dan bangga kepada mereka. 

Namun tak lama kemudian datanglah seorang kolonel bernama Mecum yang membawa pasukan khusus yang dilatih menggunakan teknik dan teknologi yang lebih maju dari pasukan lainnya. Oleh karena itu, kolonel Mecum menyarankan Kapten Church untuk mengganti pasukannya dengan pasukan infanteri baru dari markas. Namun Kapten Church percaya bahwa pasukan khususnya masih layak. 

Hingga dilakukanlah duel antara anggota terbaik Kolonel Mecum dan Kapten Church. Akhirnya duel dimenangkan oleh anggota terbaik kolonel Mecum bernama Caine yang melawan Todd. Setelah mengalami kekalahan, keesokan harinya Sersan Todd dan pasukannya dipukuli hingga tewas dan dibuang ke Planet bernama Arcadia menggunakan pesawat tanpa awak. 

Tak disangka, Sersan Todd hanya mengalami mati suri, karena ia terbangun saat sudah mendarat di Planet Arkadian disaat pasukan lainnya tewas. Di planet tersebut, Sersan Todd bertemu dengan penduduk Planet Arkadia. Pada awalnya penduduk merasa takut Sersan Todd dapat membahayakan nyawa mereka, namun seorang laki-laki bernama Mace menawarkan diri untuk merawatnya sampai sembuh.

Sersan Todd kemudian tinggal bersama keluarga kecil Mace yang terdiri dari istrinya bernama Sandra, dan anak laki-lakinya yang masih kecil bernama Nathan. Selama tinggal bersama keluarga Mace, Todd sama sekali tidak mengucapkan sepatah katapun atau mengeluarkan ekspresi wajah, karena ia terbiasa terdiam sampai ia diizinkan berbicara.

Di sisi lain, organisasi pasukan khusus Amerika Serikat mendaratkan pesawatnya di Planet Arkadian untuk membunuh semua pengungsi ilegal di planet ini. Penduduk pun berlarian untuk menyelamatkan diri, sayangnya Mace tewas setelah terkena tembakan meriam. Mace kemudian meminta Sersan Todd untuk menjaga istri dan anaknya. Sersan Todd yang menganggap Mace sebagai pemimpin pun menuruti perintah Mace.

Ketika tiga tentara yang dikirim Kolonel Mecum sedang menyemburkan api untuk membunuh warga, tiba-tiba Todd muncul dan membunuh tiga tentara tersebut. Todd pun mengumpulkan senjata dari pasukan khusus yang telah mati untuk digunakan di pertempuran selanjutnya.

Sandra yang mengetahui suaminya telah tewas meminta Todd untuk membalaskan dendam untuk suaminya. Todd yang menganggap Sandra sebagai pemimpin menuruti perintahnya.

Singkat cerita, Todd kemudian bertemu lagi dengan Caine yang bertugas untuk mengendalikan sebuah tank di bawah pimpinan Kolonel Mecum. Setelah bertarung sengit, Caine tewas di tangan Sersan Todd. 

Setelah mengetahui anggota terbaiknya tewas, Kolonel Mecum kemudian memerintahkan seluruh pasukan untuk meninggalkan planet, namun karena Kapten Church tidak menuruti perintahnya, ia kemudian membunuh Kapten Church dan meminta pilot menerbangkan pesawat. Namun, beberapa anggota pasukan khusus yang selama ini bekerja sama dengan Todd berbalik melawan Kolonel Mecum dan melemparkannya keluar pesawat bersama pasukannya.

Setelah memastikan bahwa seluruh masyarakat Arkadia telah dievakuasi ke dalam pesawat, Sersan Todd dan politisi langsung menerbangkan pesawat dan meninggalkan Kolonel Mecum beserta pasukannya mati di planet karena ledakan bom yang besar. Sejak kejadian tersebut, pasukan yang tersisa setuju untuk menjadikan Sersan Todd sebagai komandan dan memimpin seluruh operasi yang akan mereka lakukan di masa depan. 

Buat yang penasaran dengan rekap lebih detail dari film ‘Soldier’, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Recap King, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#RecapKing
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Menyamar Sebagai Pemilik Restoran Ayam, Tim Ini ternyata Berhasil Tangkap Pengedar Kelas Kakap!
Lesson Plan (2022): Misi Rahasia Mantan Special Agent Demi Bersihkan Nama Baik Sahabatnya
One on One: Kisah Ketua Komplotan yang Ungkap Pelaku Pembunuhan Putri Kesayangannya
Derailed: Kisah Anak Jalanan di Korea yang Terlibat Tindakan Kriminal

Pilihan Editor

List Category Article

Pernikahan Menjadi Awal Yoppi Armanda Kembali ke YouTube
Bu GM Terjun Menjadi Konten Kreator Terinspirasi dari Suami
Keputusan Berani Yoppi Tanjuang Memutar Gaya dalam Berkontennya
Berawal dari Konten Gaming, Bu GM Kini Berekspansi ke Konten Family?

Search Article