7 Tips dari Zahid Ibrahim Ini Berguna untuk Siapapun yang Ingin Mengurangi Kecanduan Ponsel dan Sosial Media!

  • Zahid Azmi Ibrahim
  • 15 February 2023

Kecanduan memainkan ponsel dalam waktu yang relatif cukup lama sepertinya menjadi salah satu kebiasaan yang harus mulai dikurangi oleh setiap orang, khususnya remaja yang masih sibuk dengan kegiatan sekolah dan kampus. Memainkan ponsel tanpa ingat waktu kadang kala membuat seseorang lupa dan mengabaikan tugas ataupun kegiatan berguna lainnya yang harusnya bisa dilaksanakan lebih awal. 

Sadar akan lamanya waktu yang dihabiskan hanya untuk memainkan ponsel membuat salah satu konten kreator edukasi yang saat ini sedang berkuliah di Jepang, Zahid Azmi Ibrahim, berusaha untuk mengurangi kecanduan ponsel ataupun sosial media. Zahid perlahan-lahan mengambil kontrol terhadap ponsel, sehingga ia tahu kapan harus mundur dan kapan waktu untuk menggunakan ponsel tersebut supaya tidak menyesal di ujung hari setelah menghabiskan waktu dengan sia-sia.

Berikut ini 7 tipsnya:

  1. Matikan fitur Auto-Play. Sangat penting bagi seseorang untuk mematikan fitur ini di berbagai platform menonton video digital agar kita tidak dikontrol oleh algoritma atau AI yang membuat kita terus-terusan menonton video sampai berepisode-episode.
  2. Matikan notifikasi ponsel. Berdasarkan sebuah studi dari University of California Irvine mengatakan bahwa harga yang harus dibayar seseorang ketika terdistraksi oleh satu notifikasi adalah 23 menit 25 detik sebelum seseorang dapat fokus kembali pada kegiatan yang sedang dikerjakan. Maka dengan menonaktifkan notifikasi ponsel, kita dapat menghindari distraksi yang bisa menghabiskan waktu dengan sia-sia.
  3. Gunakan Time Limit aplikasi. Batasi waktu penggunaan aplikasi-aplikasi sosial media pada ponsel yang dapat membuat kita terdistraksi ataupun terlena terlalu lama untuk menatap ponsel. 
  4. Unfollow orang-orang. Berdasarkan pengalamannya sendiri, Zahid mengatakan bahwa dirinya mulai meng-unfollow orang-orang yang tidak begitu dikenal olehnya di media sosial. Menurutnya, mem-follow seseorang di sosial media bukanlah patokan hubungan seseorang berkualitas atau tidak. Dengan meng-unfollow, Zahid juga bisa memangkas waktu berharganya daripada harus melihat update dari seseorang.
  5. Aturan tanpa ponsel satu jam sebelum tidur dan satu jam setelah bangun tidur. Cara ini membantu Zahid untuk tidur jauh lebih berkualitas selama 6-8 jam, lebih berenergi sepanjang hari, dan lebih cepat dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan lainnya.
  6. Fokus menambahkan daripada fokus mengurangkan. Maksudnya adalah kita tambah aktivitas-aktivitas lain di hidup kita yang lebih sehat. Seperti olahraga, kegiatan di kampus, melakukan part-time job, hang-out dan sosialisasi bersama teman. Dengan tambahan aktivitas-aktivitas tersebut, waktu bermain ponsel pastinya akan jauh berkurang. 
  7. Coba menghapus. Hapuslah aplikasi-aplikasi pada ponsel yang tidak memberikan manfaat dan bahkan membawa efek atau dampak negatif pada diri. 

Itu dia 7 tips bermanfaat dari Zahid yang bisa membantu kita untuk mengurangi kecanduan dalam penggunaan ponsel. Buat yang penasaran dengan penjelasan lebih detailnya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Zahid Ibrahim, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid 
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#ZahidAzmiIbrahim
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Zahid Ibrahim Bahas Cara Belajar Skill Baru dengan Kilat ala Ultra Learning, Simak di Sini!
Tips Bangkit dari Kegagalan ala Zahid Ibrahim, Salah Satunya dengan Main Lebih Jauh!
4 Strategi Zahid Ibrahim untuk Lebih Banyak Membaca Buku, Salah Satunya Mencoba Audiobook!
Tips Lancar Berbahasa Inggris dalam 7 Hari ala Zahid Ibrahim, Emang Bisa?

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article