Minat Kuliah di Jepang? Zahid Ibrahim Tunjukkan Biaya Hidup Selama Seminggu Sebagai Mahasiswa Partial Funded!

  • Zahid Azmi Ibrahim
  • 08 February 2023

Sebagai mahasiswa penerima beasiswa partially funded di Jepang serta seorang konten kreator edukasi, Zahid Azmi Ibrahim pastinya memiliki strategi tersendiri dalam mengelola keuangan. 

Melalui video yang diunggah kali ini, Zahid akan menunjukkan berapa banyak rata-rata biaya yang dihabiskan selama seminggu di negara matahari terbit tersebut. Video ini juga berguna untuk siapapun yang memiliki rencana untuk mencari beasiswa ke Jepang dan penasaran terhadap biaya kehidupan di negara maju. Tak hanya itu, video ini juga berguna bagi siapapun yang tertarik untuk terjun ke dunia kreatif atau freelancing dan melihat apakah income yang didapatkan sustainable untuk menjalani gaya hidup tertentu sebagai mahasiswa di Jepang. 

Saat ini, Zahid masih wajib tinggal di asrama kampus dengan biaya 49.000 yen atau sekitar 5,8 juta rupiah setiap bulannya. 

Pengeluaran di hari pertama yaitu hari Minggu, Zahid melakukan belanja groceries. Untuk belanja ini, Zahid biasa melakukannya dalam 2 minggu sekali dengan biaya sekitar 750.000 rupiah, sehingga belanja groceries setiap minggunya menghabiskan 375.000 rupiah, serta biaya transportasi sebanyak 40.000 rupiah. Zahid juga menyempatkan diri untuk membeli makanan ringan yang menghabiskan biaya 67.000 rupiah. 

Di hari kedua, Zahid hanya mengeluarkan biaya untuk membeli buku bacaan seharga 200.000 rupiah. Untuk hari kedua ini, Zahid tidak ada pengeluaran untuk membeli makan, sebab Zahid memasak sendiri dengan bahan-bahan yang sudah dibeli sebelumnya.

Begitu juga di hari ketiga dan keempat. Di hari ketiga, Zahid hanya mengeluarkan biaya untuk membeli makan di kantin kampus dengan biaya sebesar 60.000 rupiah. Sedangkan di hari keempat, Zahid hanya mengeluarkan biaya untuk membeli susu dan keju seharga 68.000 rupiah.

Di hari kelima, Zahid mengeluarkan biaya untuk membeli susu dan roti tawar seharga 42.000 rupiah. Ia juga menyempatkan diri untuk mengerjakan pekerjaan part time-nya sebagai  student suporter dengan bayaran yang lumayan oke sehingga bisa menutupi biaya yang dihabiskan Zahid di cafe tersebut. Setelah itu, Zahid kemudian menghabiskan waktunya di sebuah co-working space dan membeli pretzel serta croissant dengan harga total sebesar 63.000 rupiah. 

Kemudian untuk pengeluaran di hari keenam, Zahid melakukan laundry dengan biaya 24.000 rupiah untuk mencuci baju. Setelah itu, ia mengeluarkan biaya sebanyak 80.000 rupiah untuk tiket kereta ke sebuah kota, lalu biaya sebesar 40.000 rupiah untuk membeli makanan. 

“Nah, ketika kita lagi stop di masjid, kadang kita juga beramal. Nah di situ juga ada pengeluaran dengan jumlah yang disembunyikan,” ujar Zahid.

Kemudian di hari ketujuh, Zahid membeli kopi di kantin kampus seharga 12.000 rupiah. Sepulangnya, Zahid kembali membeli roti, pisang, serta susu dengan total harga sekitar 60.000 rupiah. 

Untuk biaya langganan aplikasi-aplikasi penunjang pekerjaan serta hiburan, dalam satu minggunya Zahid dapat menghabiskan biaya sekitar 190.000 rupiah. Tak hanya itu, dengan tim YouTube yang ia miliki, Zahid juga harus membayar gaji para timnya yaitu sebesar 450.000 hingga 1.500.000 rupiah.

Dengan daftar pengeluaran per minggu tersebut, Zahid membuat kategori sebagai berikut:

  1. Tempat tinggal sebesar 1.450.000
  2. Makanan sebesar 719.000
  3. Langganan aplikasi sebesar 190.000
  4. Transportasi sebesar 160.000
  5. Payroll tim sebesar 450.000-1.500.000

Sehingga total pengeluaran Zahid per minggu sebesar 3-4 juta rupiah. 

Buat yang penasaran dengan penjelasan lebih lengkapnya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Zahid Ibrahim, ya! Yuk, siap-siap kuliah di Jepang!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid 
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#ZahidAzmiIbrahim
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Zahid Ibrahim Bahas Cara Belajar Skill Baru dengan Kilat ala Ultra Learning, Simak di Sini!
Tips Bangkit dari Kegagalan ala Zahid Ibrahim, Salah Satunya dengan Main Lebih Jauh!
4 Strategi Zahid Ibrahim untuk Lebih Banyak Membaca Buku, Salah Satunya Mencoba Audiobook!
Tips Lancar Berbahasa Inggris dalam 7 Hari ala Zahid Ibrahim, Emang Bisa?

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article