Sudah Siap Resesi 2023? Gak Perlu Takut! Simak Penjelasan Dokter Tirta di Sini!

  • Tirta Peng Peng Peng
  • 31 January 2023

Sebagai praktisi kesehatan dan sport enthusiast, dokter Tirta kerap membagikan ilmu-ilmu ataupun informasi yang bermanfaat mengenai kesehatan tubuh dan dunia olahraga yang ia tekuni melalui YouTube Channel miliknya. 

Selain itu, dokter Tirta juga memiliki beberapa segmen yang penuh akan informasi bermanfaat antara lain segmen Challenge, #Ngopeng, #InfoCipeng, #TirtaGowes, #SuaraTirta, #TirtaLokal, hingga #BolaTirta. 

Seperti pada video yang diunggah melalui segmen #SuaraTirta kali ini, dokter Tirta akan membahas hal di luar dunia kesehatan yaitu mengenai resesi yang digadang-gadang akan terjadi pada tahun baru 2023 ini hingga membuat beberapa kalangan masyarakat Indonesia khawatir. 

Sebaliknya, dokter Tirta justru mempertanyakan apa yang harus dikhawatirkan dari resesi 2023. 

“Resesi itu terjadi ketika pertumbuhan ekonomi sebuah negara tuh stuck, di luar target, malah cenderung minus. Jadi di luar target selama beberapa kuartal. Dan itu kaitannya sama makro ekonomi, yang di mana itu bukan kapasitasku sebagai orang untuk mikir. Karena rata-rata usahaku bergerak di bidang mikro ekonomi. UMKM, menengah, industri kreatif,” ujar dr. Tirta.

Lantas apa yang disebut dengan makro ekonomi? Dokter Tirta kemudian menjelaskan kembali bahwa makro ekonomi adalah neraca keuangan negara, kebijakan fiskal, dan kebijakan moneter. Dan hal itu semua berada di luar pebisnis mikro ekonomi, melainkan menjadi urusan orang perbankan atau orang-orang di kementerian keuangan. 

“Kalo ada potensi resesi itu berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi sebuah negara, dan yang mikir pertama kali tuh pasti negara. Urusan resesi ekonomi sebuah negara tuh urusan dari negara yang ngurus. Terlihat dari inflasi, suku bunga, pinjaman bank, pertumbuhan ekonomi itu bukan kita yang ngurus. Itu sudah ada orang ahli yang ngurus,” jelas dr. Tirta.

Namun di sisi lain, kekhawatiran tentang resesi ekonomi dapat membuat masyarakat belajar mengenai financial plan yang bagus, hingga membuat masyarakat lebih melek dan bijak dalam mengeluarkan uang. 

“Resesi ini ngebuat kita membuka mata (tentang) financial plan yang bagus seperti apa, dan ngebuka mata seorang pengusaha untuk lebih cermat dalam mengelola perusahaannya,” imbuhnya. 

Buat yang penasaran dengan pembahasan dokter Tirta mengenai resesi ekonomi, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Tirta PengPengPeng, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid 
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#TirtaPengPengPeng
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia
Tips Mencegah Terjadinya Cantengan di Jari Kaki dari Dokter Tirta: Menggunakan Sepatu Tidak Sesuai Ukuran
Sebagai Pengguna KRL, Dokter Tirta Usulkan Pejabat untuk Menggunakan Transportasi Umum Agar Paham Situasi di Lapangan

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article