Ampas Teh Celup Ternyata Bisa Jadi Alternatif Obat Medis untuk Atasi Gusi Bengkak? Cari Tahu di Sini!

  • CARYSHA
  • 14 March 2023

Gusi rentan mengalami pembengkakan yang membuat nyeri dan rasa tidak nyaman. Apabila dibiarkan tanpa penanganan, gusi yang bengkak dapat merusak jaringan dan tulang yang menopang gigi. Namun pembengkakan gusi dapat diatasi sendiri dengan cara pengobatan alami yang bisa dilakukan di rumah. 

Saat mengalami pembengkakan pada gusi, seseorang mungkin akan menemukan darah yang keluar saat menyikat gigi. Gejala lainnya yang dapat terjadi saat gusi bengkak adalah bau mulut. Beberapa penyebab gusi bengkak antara lain sariawan, gesekan antar gigi, perubahan hormon, radang gusi, bahkan periodontitis atau infeksi gusi yang merusak gigi.

Kali ini, konten kreator yang fokus membagikan konten kecantikan, fashion, dan gaya hidup, Carysha Sumau, akan membagikan beberapa home remedies (alternatif obat medis) untuk mengatasi gusi bengkak.

  1. Berkumur dengan air garam. Kegiatan ini dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dalam gusi dan dapat membantu mengurangi pembengkakan yang menyebabkan rasa sakit. Siapkan satu gelas air hangat, kemudian tambahkan ½ sampai 1 sdt garam. Aduk, dan gunakan untuk berkumur.
  2. Ampas teh celup. Teh mengandung senyawa yang disebut tanin. Menurut penelitian, tanin dapat mengurangi nyeri gusi dan membunuh bakteri yang mengiritasi gusi. Gunakan teh hijau, hibiscus, atau teh hitam yang memiliki kandungan tanin cukup tinggi. Cukup celupkan teh pada air panas selama 5 menit, kemudian keluarkan kantung teh dan biarkan hingga agak dingin atau hangat. Lalu oleskan ampas teh celup ke gusi yang bengkak selama 5 menit. 
  3. Ramuan herbal (kunyit, cengkih, spilanthes). Bahan herbal tersebut sudah digunakan sebagai pereda nyeri, salah satunya mengatasi gusi yang bengkak. Campurkan bubuk kunyit atau cengkih atau spilanthes dengan sedikit air hangat. Aduk hingga mengental seperti pasta gigi, kemudian oleskan ke gusi yang bengkak, diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan cara berkumur.
  4. Air lemon. Buah ini mengandung asam yang berguna sebagai alkali alami untuk menyeimbangkan kadar Ph dalam mulut. Peras satu buah lemon dan campurkan dengan segelas air hangat. Gunakan air lemon sebagai berkumur. Lakukan selama 3 kali sehari. 

Itulah beberapa cara efektif untuk mengatasi gusi bengkak. Jika tidak kunjung sembuh, ada baiknya diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan agar tidak terjadi komplikasi. 

Buat yang penasaran dengan penjelasan lebih lengkapnya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel CARYSHA, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid 
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#CaryshaSumau
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Hati-Hati PCOS pada Wanita! Jika Alami Gejala Ini, Segera Periksakan Diri ke Dokter
Bikin Gak PD! Ini Dia Tips Mudah dari Carysha Sumau untuk Cegah Munculnya Jerawat di Punggung!
Ini Dia 6 Urutan Perawatan Rambut Mengembang dari Carysha Sumau, Dijamin Lurus Sempurna!
Ampas Teh Celup Ternyata Bisa Jadi Alternatif Obat Medis untuk Atasi Gusi Bengkak? Cari Tahu di Sini!

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article