Captain Vincent Jelaskan Turbulence Pesawat dan Penyebabnya

  • Vincent Raditya
  • 16 June 2021

Vincent Raditya atau yang dikenal sebagai Captain Vincent merupakan pilot yang aktif membuat konten mengenai dunia aviasi. Kali ini Captain vincent membuat video yang menjelaskan tentang turbulence atau turbulensi. 

Ia menjelaskan bahwa turbulensi tidak hanya terjadi pada udara, tapi juga dapat terjadi pada air dan cairan lainnya. Dalam dunia aviasi, turbulensi berarti perubahan aliran udara secara tiba-tiba. 

Captain Vincent pun menjelaskan jenis-jenis turbulensi, yang pertama ada mechanical turbulence yang biasanya terjadi di dekat gedung-gedung atau pegunungan. Mechanical turbulence tersebut disebabkan oleh gesekan permukaan. 

Kemudian Vincent menjelaskan thermal turbulence yang disebabkan oleh pemanasan permukaan bumi yang tidak merata. Misalnya pada saat matahari tertutup oleh awan. 

Selanjutnya ada clear air turbulence yang sering diasosiasikan dengan jet stream. Jet stream adalah arus udara yang mengalir cepat, sempit, dan berkelok-kelok di atmosfer. Vincent pun mengungkapkan bahwa clear air turbulence tersebut dapat membahayakan dalam situasi tertentu.

Lalu ada wake turbulence yaitu gangguan di atmosfer yang terbentuk di belakang pesawat saat melewati udara. Turbulensi ini juga dapat membahayakan pesawat. Perubahan arah angin yang sangat cepat pun juga dapat menciptakan turbulensi. 

Meskipun begitu, rupanya pesawat komersil yang digunakan di seluruh dunia sudah didesain supaya dapat mengudara dengan aman meskipun menghadapi turbulensi.

“Saya bisa katakan secara pasti bahwa pesawat komersil yang ada saat ini bisa dikatakan sangat aman dan chance terjadinya kecelakaan pesawat dikarenakan turbulence cukup kecil” tutur Vincent.

Yuk simak penjelasan lengkap dari Captain Vincent hanya di YouTube channel Vincent Raditya!

Creator's Article

Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Heboh Penumpang Pesawat Panik Karena Suara Mesin, Captain Vincent Berikan Penjelasannya di Sini
Intip Keseruan Captain Vincent dan Sang Anak Habiskan Waktu Bersama di Taman Hiburan Terbesar di Indonesia!
Interaksi Manis Captain Vincent dan Anak Perempuannya Saat Habiskan Waktu Bersama

Pilihan Editor

List Category Article

Zoe Levana Pertama Kali Bangun Tenda Camp Sendiri?
Raih 700 Ribu Subscriber, Diera Nathania Berharap Capai 1 Juta Subscriber dan Terus Berkarya
Berawal Iseng, Kini Windi Satria Sukses di YouTube
Di Balik Layar Diera Nathania: Konten Kreator Sukses di Balik Layar

Search Article