Dampak Buruk Konsumsi Makanan Manis: Apa yang Harus Dihindari?

  • StarHits
  • 15 October 2024

Mengonsumsi Makanan Manis Tidak Baik untuk Kesehatan Tubuh

Makanan manis memang dipercaya dapat menjadi penyelamat dan meningkatkan mood menjadi lebih bagus. Tetapi, yang perlu digaris bawahi adalah mengonsumsi makanan yang terlalu manis juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Banyak dampak-dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari mengonsumsi makanan manis. Apa saja sih di antaranya?

Dalam artikel kali ini, bersama ahli gizi Audy Aprillia, kita akan mengupas bersama-sama tentang cara memilih makanan yang tepat serta dampak yang ditimbulkan pada tubuh.

 

Tren Makanan Manis Membawa Dampak Buruk bagi Kesehatan?

Tahukah kamu bahwa gaya hidup yang tidak sehat dapat menimbulkan potensi terkena penyakit diabetes? Gaya hidup yang seperti apa sih yang dapat memicu penyakit diabetes? Di antaranya yaitu karena sering mengonsumsi makanan yang terlalu manis, sering begadang setiap hari, serta jarang berolahraga. Padahal, diabetes adalah sumber utama dari penyakit-penyakit lainnya, loh.

Tren makan makanan manis ini bukan tanpa alasan. Semakin canggihnya sosial media, membuat masyarakat dengan mudah menemukan informasi tentang makanan manis yang sedang trend di kalangan anak zaman sekarang dan gampang pula membelinya melalui online. Padahal, makanan manis yang kamu konsumsi itu rata-rata mempunyai Indeks Glikemik yang tinggi.

 

Dampak Mengonsumsi Makanan Manis

Jika kamu tetap mengonsumsi makanan manis secara terus-menerus, dampak yang ditimbulkan adalah berat badan menjadi naik secara berlebih, dan yang lebih parah akan terkena penyakit diabetes serta penyakit kronis lainnya. Jika sudah terkena diabetes, tentunya akan sulit untuk disembuhkan. Jadi lebih baik mencegah daripada mengobati.

 

Alternatif Cara Makan Makanan Manis

Tetapi tenang aja, untuk kamu para pecinta manis, Audy Aprillia si ahli gizi punya cara alternatif supaya kamu tetap bisa makan makanan manis tanpa harus khawatir dengan kandungan gula berlebih. Caranya adalah dengan memilih makanan manis dengan Indeks Glikemik yang rendah.

 

Apa Itu Indeks Glikemik?

Happy Health sudah tahu belum apa itu Indeks Glikemik? Indeks Glikemik yaitu ukuran seberapa cepat makanan tertentu dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Jika suatu makanan mempunyai Indeks Glikemik yang relatif tinggi, maka semakin tinggi pula potensi gula darah kamu menjadi naik dan tiba tiba turun secara cepat. Nah, yang perlu diperhatikan adalah diabetes bisa timbul salah satunya karena gula darah yang naik terus-menerus. Oleh karena itu, penting sekali menjaga kadar gula darah dalam tubuh kita tetap stabil.

Menjaga kadar gula darah tetap stabil tidak perlu sampai stop makan gula, ya, Happy Health. Kamu tetap bisa mengonsumsi gula dengan catatan lebih smart untuk memilih makanan, terutama yang ada kandungan karbohidrat dan gula yang dikonsumsi.

 

Contoh Makanan Ber-GI Rendah

Apa saja contoh makanan yang ber-GI rendah? berikut di antaranya : 

  • Oats
  • Beras Merah
  • Kacang-kacangan
  • Sayur-sayuran
  • Buah-buahan
  • Makanan yang menggunakan Gula Ramah seperti gula lontar, gula kelapa, gula aren, dan kurma.

Jadi, kamu akan merasa kenyang lebih lama apabila mengonsumsi makanan yang ber-GI rendah, dapat menjaga berat badan kamu lebih stabil, serta dapat mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2, loh, Happy Health.

 

Kesimpulan

Hidup sehat itu nggak perlu menyiksa, di zaman sekarang banyak pilihan makanan sehat yang tetap memanjakan lidah dah menjaga mood kita tetap bagus. Untuk menunjang sehat, kamu perlu mengonsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan yang paling penting Gula Ramah yang memiliki Indeks Glikemik rendah.

Stay Happy, Stay Healthy!

Kalau masih penasaran tentang Prevent Diabetes with Low-GI, kamu bisa banget tonton podcast di Channel Youtube Yava Bali, ya!

---

 

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.


PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#YavaBali
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Dampak Buruk Konsumsi Makanan Manis: Apa yang Harus Dihindari?
Makanan Manis untuk Menaikkan Mood: Apakah Aman Dikonsumsi Berlebihan?
Cara Menaikkan Mood Tanpa Ketergantungan Makanan Manis: Solusi Sehat untuk Happy Mood!
Strategi Mikayla Sang Ahli Gizi dalam Memilih Makanan Yang Tepat

Pilihan Editor

List Category Article

Dampak Buruk Konsumsi Makanan Manis: Apa yang Harus Dihindari?
Makanan Manis untuk Menaikkan Mood: Apakah Aman Dikonsumsi Berlebihan?
Cara Menaikkan Mood Tanpa Ketergantungan Makanan Manis: Solusi Sehat untuk Happy Mood!
Strategi Mikayla Sang Ahli Gizi dalam Memilih Makanan Yang Tepat

Search Article