Makanan Manis untuk Menaikkan Mood: Apakah Aman Dikonsumsi Berlebihan?

  • StarHits
  • 15 October 2024

Makanan Manis Solusi untuk Meningkatkan Mood? Apa betul?

Halo, Happy Health! Makanan manis memang seringkali dijadikan penaik mood ketika mood seseorang sedang berantakan. Tapi apakah bagus jika makanan manis tersebut dikonsumsi secara berlebihan? Tentu tidak, ya, Happy Health. Lalu, bagaimana cara mengatur kadar gula dalam tubuh kita tetap stabil dan tidak mengonsumsi makanan manis secara berlebihan?

Pada artikel ini, bersama Audy Aprillia seorang nutritionist, kita akan membahas bersama-sama tentang Cara maintain gula darah dalam tubuh kita dan contoh-contoh makanan sehat yang memiliki Indeks Glikemik rendah.

 

Semakin Mudahnya Mencari Makanan Manis di Sosial Media

Banyak sekali anak muda zaman sekarang yang sudah terkena penyakit diabetes. Selain karena keturunan, salah satu penyebab diabetes adalah karena gaya hidup yang tidak sehat. Mengonsumsi makanan yang terlalu manis, sering begadang sampai larut malam, serta jarang berolahraga rutin. Padahal, diabetes adalah sumber dari segala penyakit, loh. Negara Indonesia pun berada pada peringkat ke-5 dengan kasus diabetes tertinggi di dunia.

Di zaman sekarang yang serba mudah, makanan manis sangat mudah kita temukan dimana-mana. Dengan semakin canggihnya sosial media, kita dapat menemukan dengan mudah makanan manis yang sedang viral dan kekinian pada timeline kita. Padahal yang jarang diketahui orang, makanan manis yang sering ditemui itu sebagian besar mengandung Indeks Glikemik yang tinggi atau Hi-GI, yang dapat membuat kadar gula darah naik secara drastis. Kalau dibiarkan, bisa bisa berat badan kamu akan naik secara berlebih. Dampak yang paling serius adalah bisa terkena diabetes atau penyakit kronis lainnya.

 

Solusi untuk Para Sweet Tooth

Ada solusi yang tepat buat kamu para sweet tooth atau pecinta makanan manis. Kalian masih bisa makan makanan manis tanpa harus khawatir kadar gula yang berlebih. Bagaimana pula cara agar berat badan tetap stabil, nggak gampang lemas, dan mencegah penyakit diabetes dengan meilih makanan yang tepat? Salah satu caranya adalah memilih makanan yang Low GI.

 

Apa Arti Low GI?

Happy Health sudah tau belum apa itu Low GI? Low GI adalah Indeks Glikemik rendah. Sedangkan, Indeks Glikemik adalah ukuran seberapa cepat makanan tertentu dapat meningkatkan kadar gula darah kamu. Semakin tinggi Glycemic Index di suatu makanan, semakin tinggi juga potensi untuk kadar gula darah kamu naik dan tiba-tiba bisa langsung turun secara drastis.

Kalau gula darah sudah naik terus-menerus, dapat memicu penyakit diabetes, loh. Maka dari itu, penting sekali untuk memilih makanan yang tepat dengan Low GI agar kadar gula dalam tubuh kamu tetap stabil.

Bukan berarti dengan informasi tersebut, kamu jadi stop makan gula, ya, Happy Health. Tapi, kamu harus lebih pintar untuk memilih makanan dan kandungan di dalamnya seperti karbohidrat dan gula yang akan kamu konsumsi.

 

Makanan-Makanan Yang Punya Indeks Glikemik Rendah

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang memiliki Indeks Glikemik rendah menurut Audy Aprillia : 

  • Oats
  • Beras Merah
  • Kacang-kacangan
  • Sayuran
  • Buahan
  • Yang paling penting, makanan yang mengandung Gula Ramah.

Yuk, mulai sekarang terapkan gaya hidup yang lebih sehat dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Gula Ramah. Stay Happy, Stay Healthy!

Untuk kalian yang masih penasaran seputar tips memilih makanan sehat dengan Indeks Glikemik rendah bisa langsung tonton podcast yang ada di Channel Youtube Yava Bali, ya!

---

 

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.


PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#YavaBali
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Dampak Buruk Konsumsi Makanan Manis: Apa yang Harus Dihindari?
Makanan Manis untuk Menaikkan Mood: Apakah Aman Dikonsumsi Berlebihan?
Cara Menaikkan Mood Tanpa Ketergantungan Makanan Manis: Solusi Sehat untuk Happy Mood!
Strategi Mikayla Sang Ahli Gizi dalam Memilih Makanan Yang Tepat

Pilihan Editor

List Category Article

Dampak Buruk Konsumsi Makanan Manis: Apa yang Harus Dihindari?
Makanan Manis untuk Menaikkan Mood: Apakah Aman Dikonsumsi Berlebihan?
Cara Menaikkan Mood Tanpa Ketergantungan Makanan Manis: Solusi Sehat untuk Happy Mood!
Strategi Mikayla Sang Ahli Gizi dalam Memilih Makanan Yang Tepat

Search Article