Rio Jokam Gaming, merupakan konten kreator asal Makassar bagian Wajo. Dirinya berhasil menorehkan prestasi yang cukup gemilang di dunia YouTube. Saat ini, total subscribers dari channel-nya telah mencapai lebih dari 660 ribu, dan hingga kini, Rio sedang dalam perjalanannya menuju angka satu juta subscribers.
Keberhasilan Rio tidak hanya terbatas dari pencapaiannya pada jumlah subscribers, tetapi juga tercermin dari perannya sebagai pengisi (speaker) dalam sesi Focus Group Discussion (FGD) pada acara We Are More Project #NgeShortsBareng di Mall Ratu Indah pada 12 November 2023 lalu. Dalam rangkaian acara Community Club yang digagas oleh StarHits, Rio berbagi pengalaman tentang bagaimana mengelola konten dan menentukan niche yang tepat untuk menciptakan konten yang menarik.
Dalam perjalanan menjadi seorang kreator, Rio pastinya mengalami berbagai hambatan dalam mengelola sebuah konten yang dapat dinikmati oleh para viewersnya.
“Menurutku tantangan dan hambatan yang terberat sebenarnya ada pada diri kita sendiri, bukan dari lingkungan atau orang sekitar. Aku sendiri sebenarnya termasuk orang yang pemalas dan mageran, tapi yah fokus pada tujuan pertama untuk membahagiakan orang tua yang membuat mager itu akan hilang,” jelas Rio.
Untuk strategi dalam mengelola kontennya, Rio mengaku bahwa dalam lima bulan ke belakang ini, YouTube channel-nya mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan bisa mendapatkan 400 ribu subscribers. Bagi Rio, menentukan strategi dalam membuat konten adalah salah satu langkah yang harus dilakukan sebelum memulai berkonten.
“Menurutku hanya dengan 2 kunci yaitu konsisten dan kreatif, dan itu pun harus sinkron jikalau kita konsisten tapi kurang kreatif kita pun akan susah untuk naik, sedangkan video kita tuh harus menarik dan dibutuhkan oleh audiens kita, lalu bagaimana kita menentukan kebutuhan audiens kita, menurut ku dengan menyiapkan 5 genre video dan 5 tema yang berbeda lalu setelah itu melihat analisisnya, mana video yang banyak ditonton oleh audience-nya itu yang akan ku jalankan di 5 bulan kebelakang ini,” jelas Rio.
Rio mengusung motto dalam hidupnya “Mimpi itu gratis, ambil yang paling mahal”. Dirinya menekankan pentingnya dalam ketekunan, keberanian untuk mencoba banyak hal, dan tidak mendengarkan kata-kata orang lain yang cenderung merugikan. Baginya, lebih baik mencoba seribu kali tapi gagal daripada kalian sama sekali tidak mencoba namun gagal.
Meski berasal jauh dari kota besar, Rio membuktikan bahwa kesuksesan bukanlah hal yang pasti bagi mereka yang tinggal di sekitaran pusat kota. Dengan tekad dan kerja kerasnya, Rio berhasil membungkam orang-orang yang membicarakan dirinya. Kini, ketika dirinya turun ke Wajo atau Palopo namanya dikenal luas, bukan untuk sombong, melainkan sebagai inspirasi dan motivasi bagi teman-temannya di kampung halaman.
Buat yang penasaran dengan konten Rio, langsung aja cek videonya di Youtube Channel Jokam Gaming, ya!
_________________________________________________________________________
PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.
PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.
StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.
Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/