Bingung Pilih UI atau UGM? Simak Perbandingannya dari Alumni UGM, Danang Giri Sadewa Ini!

  • Danang Giri Sadewa
  • 28 February 2023

Tak kalah dengan Negara lain di dunia, dalam bidang perguruan tinggi, Indonesia memiliki beberapa kampus terbaik yang setiap tahunnya menjadi rebutan para siswa yang baru lulus dari SMA/K untuk melanjutkan studinya. 

Beberapa kampus terbaik tersebut antara lain UI, UGM, Unpad, Unibraw, Undip, ITB, IPB, dan lainnya. Setiap pergantian tahun ajaran baru, ratusan kursi yang dibuka tidak sebanding dengan ribuan calon mahasiswa yang bermimpi masuk ke universitas-universitas tersebut.

Sebagai konten kreator edukasi sekaligus alumni Universitas Gadjah Mada, melalui videonya kali ini Danang Giri Sadewa akan membandingkan dua kampus terbesar di Indonesia yaitu UI dan UGM. Mulai dari program studi, reputasi, fasilitas, dan lainnya. 

  1. Lokasi. Dua kampus terbaik di Indonesia ini meskipun dipisahkan dengan jarak yang jauh namun sama-sama berlokasi di Depok. Bedanya, kampus UI berada di Depok, Jawa Barat, sedangkan UGM berada di Depok, Sleman, Yogyakarta. Pilihlah UGM apabila kalian mendambakan belajar di kampus yang tenang, namun pilihlah UI apabila kalian mendambakan belajar di kota metropolitan. 
  2. Perbedaan Fakultas & Program Studi. Lakukanlah riset terlebih dahulu tentang program studi yang diinginkan, sebab terdapat banyak perbedaan dari kedua kampus. UGM memiliki 18 fakultas + sekolah vokasi, sedangkan UI hanya memiliki 14 fakultas, namun dengan program studi yang lebih variatif.
  3. Reputasi Kampus. Dua kampus ini tentunya merupakan dua kampus terbaik dengan reputasi yang bagus. Dalam daftar kampus terbaik di Indonesia pun, UI dan UGM seringkali bertukar tempat dalam menjadi kampus nomor 1. Lakukanlah riset yang lebih mendalam sebelum memilih, karena setiap lembaga survei perangkingan menilai dari aspek yang berbeda. 
  4. Fasilitas Penunjang Pembelajaran. Kedua kampus ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung preferensi setiap calon mahasiswa seperti apa.
  5. Biaya Kuliah dan Biaya Hidup. Setiap fakultas di dua kampus ini tentunya memiliki biaya kuliah yang berbeda. Mahasiswa juga tentunya dapat membayar kuliah sebesar 0 rupiah apabila mendapatkan beasiswa. Untuk biaya hidup seperti tempat tinggal, Yogyakarta bisa dibilang lebih murah dibandingkan di Depok. Namun boros atau tidaknya setiap orang tergantung orang itu sendiri. 
  6. Prospek Kerja atau Karir. Dua kampus ini memiliki ratusan alumni hebat yang berkarir di banyak bidang. Kembali lagi ke mahasiswanya masing-masing apakah setelah lulus dapat memiliki banyak jaringan untuk berkarir atau tidak.

“Masalah universitas baik atau buruk itu ya pasti ada positifnya, ada negatifnya. Mungkin di beberapa sisi UGM lebih unggul. Mungkin di sisi lain UI jauh lebih unggul dari UGM. Tergantung preferensi kalian. Mau di mana pun kalian kuliah, yang paling penting kalian nyaman dan disesuaikan dengan diri kalian sendiri,” jelas Danang. 

Buat yang penasaran dengan penjelasan lebih detailnya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Danang Giri Sadewa, ya!

Creator's Article

Danang Giri Sadewa Tour Kampus Terbaik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta!
3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Seseorang Gagal dalam Ujian Sekolah! Cek Supaya Tidak Menyesal!
Terbang ke Italia, Danang Giri Sadewa Jelajahi Kampus Politecnico Milano!
Terbang ke Malang, Danang Giri Jelajahi Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim!

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article