Ternyata Ini Alasan Kenapa Banyak Lulusan Pertanian yang Justru Berkarir di Bidang Perbankan!

  • Danang Giri Sadewa
  • 22 November 2022

Sebagai konten kreator pendidikan dan seorang lulusan dari Universitas Gadjah Mada, Danang Giri Sadewa kerap membagikan video yang berkaitan dengan pendidikan, khususnya dunia perkuliahan. Ia memiliki beberapa segmen dalam YouTube Channel miliknya seperti Campus Tour baik di Indonesia maupun luar negeri, beropini tentang dunia pendidikan Indonesia, berbincang dengan pelajar atau mahasiswa Indonesia, dan lainnya.

Setelah dalam segmen Bedah Jurusan sebelumnya Danang Giri berbincang dengan mahasiswa jurusan kedokteran dari Universitas Andalas, maka di episode kali ini, Danang akan berbincang dengan mahasiswa jurusan agribisnis dari Institut Pertanian Bogor yang bernama Alan. 

Alan menyebutkan bahwa IPB merupakan kampus pilihan kedua setelah dirinya tidak berhasil masuk ke ITB. Ia juga mengatakan bahwa alasannya mengambil jurusan agribisnis adalah karena orang tuanya memiliki bisnis di bidang agri. 

Bertekad masuk ke IPB, Alan mengatakan bahwa dirinya baru belajar dengan serius untuk tes hanya dari H-2 bulan seleksi. 

“Pokoknya aku satu hari tuh kayak (mengerjakan) 50-100 soal setiap hari selama dua bulan. Try out itu 2-3 kali seminggu gitu lah,” jelas Alan. 

Selanjutnya, Danang menyinggung Alan mengenai tanggapan di masyarakat mengenai banyaknya lulusan IPB yang justru bekerja di bidang perbankan, alias tidak sesuai jurusan di kampus. 

Alan pun menyebutkan bahwa memang rata-rata pelarian lulusan IPB apabila tidak mendapatkan pekerjaan yang sesuai jurusan adalah bekerja di dunia perbankan. Hal ini dikarenakan lulusan IPB rata-rata mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi yang dapat masuk ke bidang manapun, termasuk jurusan agribisnis yang merupakan salah satu fakultas ekonomi.

“Kalo misalnya di kampus lain misal UGM nih kampusnya Mas Danang, kan jadinya kalo gak salah sarjana agribisnis, atau sarjana pertanian, aku lupa. Tapi kalo di IPB itu masuknya sarjana ekonomi, karena masuknya fakultas ekonomi,” ungkap Alan.

Alan juga menyebutkan peluang pekerjaan yang bisa didapatkan oleh lulusan agribisnis. 

“Kebanyakan, agribisnis ya, biasanya karena relasi di dalamnya itu udah diarahin buat jadi pebisnis, jadi channel pertamanya itu jadi businessman dulu, yang kedua itu biasanya ke konsultan, konsultan pertanian, konsultan ekonomi, atau konsultan bisnis, yang ketiga itu biasanya ada di bank, gitu. Pokoknya hal-hal yang berbau ekonomi lah,” jelasnya. 

Buat yang penasaran dengan obrolan seru Danang Giri dan Alan, mahasiswa agribisnis, IPB, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Danang Giri Sadewa, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#DanangGiriSadewa
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Danang Giri Sadewa Tour Kampus Terbaik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta!
3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Seseorang Gagal dalam Ujian Sekolah! Cek Supaya Tidak Menyesal!
Terbang ke Italia, Danang Giri Sadewa Jelajahi Kampus Politecnico Milano!
Terbang ke Malang, Danang Giri Jelajahi Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim!

Pilihan Editor

List Category Article

Dalam Podcast Gritte, Lolly Mengaku Pernah Dihina?
Bermodal Literasi yang Kuat, Thea Memiliki Impian Menjadi Dokter!
Cerita Dibalik Layar  Petualangan Mamah Nada yang Tak Terungkap di YouTube
Mamah Nada Konten Kreator Asal Balikpapan Berhasil Mendapatkan Jutaan Pengikut di Berbagai Media sosial

Search Article