Kesulitan Beradaptasi di Prancis, Ini Cara Perantau Asal Indonesia Atasi Masalah

  • Diera Nathania
  • 16 September 2021

Diera Nathania merupakan seorang wanita kelahiran Indonesia yang kini sedang menetap di Hokkaido, Jepang. Melalui media sosial seperti YouTube, TikTok, dan Instagram, Diera kerap membagikan kegiatan seru dan juga informasi mengenai budaya Jepang, dari segi perkuliahan sampai kehidupan sehari-hari.

Di YouTube channel miliknya, Diera membuat sebuah segmen khusus yang bernama #SuaRantau dimana ia mengumpulkan cerita-cerita unik dari anak bangsa ketika merantau di luar negeri. Kali ini, ia pun membagikan beberapa cerita mengenai tujuan atau alasan teman-teman yang merantau. Pertama-tama, Diera membacakan cerita dari Bila yang merupakan mahasiswi S2 jurusan cultural project management di salah satu universitas di Prancis.

Berbekal kemampuan Bahasa Prancis dan ketertarikan dengan negara pusat budaya dan fashion tersebut, Bila memiliki mimpi untuk menjalani studi di Prancis. Namun ternyata saat pertama kali tinggal dan belajar di Prancis Bila menemui beberapa kesulitan dalam beradaptasi.

“Meskipun aku bisa Bahasa Prancis, ternyata kuliah di Prancis itu gak semudah bayangan aku. Perlu kerja ekstra untuk bisa keep up sama perkuliahan. Apalagi aku satu-satunya mahasiswa asing di kelas aku. Dan pastinya bulan-bulan pertama aku kuliah di sana, struggling banget” tutur Diera saat membacakan cerita Bila. 

Walaupun sempat berpikir untuk menyerah dan pulang ke Jakarta, Bila menguatkan tekadnya untuk tetap melanjutkan studinya. Ia juga mendapat dukungan dari keluarga yang membantunya semangat dan berusaha pelan-pelan.

“Gak malu minta tolong kalau memang aku kesulitan, kerja lebih ekstra dibanding teman-teman yang lain, dan berdoa serta berserah kepada Tuhan YME, akhirnya keinginan untuk menyerah dan pulang ke Indonesia berangsur-angsur sirna. Sebulan lagi adalah wisuda S2 aku” tutur Diera saat melanjutkan cerita Bila. 

Diera pun mengaku kagum dengan perjuangan dan semangat Bila. Bagi yang sudah penasaran, yuk simak cerita lengkapnya hanya di YouTube channel Diera Nathania!

Creator's Article

Diera Nathania Kunjungi Kota Kecil di Hokkaido dengan Kereta Retro Bareng Suami Tercinta!
Buah Kesemek Khas Jepang Ternyata Memiliki Rasa yang Lebih Manis dari Buah Kesemek Khas Indonesia?
Ini Dia Alasan kenapa di Jepang Disarankan untuk Tidak Menggunakan Payung Saat Musim Salju!
Suhu -20º Celcius Tak Menyurutkan Semangat Diera Nathania dan Suami Jelajahi Festival Salju di Hokkaido!

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article