Kolaborasi StarHits Bersama YouTube Indonesia Hadirkan Ajang Pencarian Bakat “Trending Star”

  • StarHits
  • 25 July 2023

Beberapa tahun ke belakang, trend konten video pendek di Indonesia semakin menjamur dan digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Melalui berbagai platform digital, salah satunya YouTube Shorts, konten kreator video pendek juga semakin banyak mempertontonkan atau menampilkan bakat yang mereka miliki yang mungkin saja belum terlalu didengar ataupun disaksikan oleh masyarakat pada umumnya. 

Dari fenomena tersebut, leading multi channel network, StarHits yang berdiri di bawah naungan MNC Group, membangun kolaborasi bersama YouTube untuk membuat sebuah ajang pencarian bakat yang diberi nama “Trending Star”. 

Trending Star merupakan ajang pencarian bakat menyanyi yang menggunakan YouTube Shorts sebagai wadah untuk menampilkan kemampuan bernyanyi setiap peserta melalui video pendek. Kualitas bernyanyi setiap calon peserta nantinya akan dinilai oleh para juri yang berkualitas dalam bidang tarik suara, antara lain Mahalini, Andmesh Kamaleng, serta Indra Aziz.

Pemenang pertama Trending Star akan mendapatkan beberapa penghargaan, antara lain uang tunai 50 Juta Rupiah dan bergabung menjadi talent di bawah manajemen Star Media Nusantara, dan mendapatkan lagu yang akan di produseri oleh HITS Records.

“Dari manajemen Star Media Nusantara sekaligus StarHits dan HITS Records, kami berharap ajang Trending Star ini dapat menjadi wadah baru untuk menampilkan bakat menyanyi setiap orang yang selama ini mungkin belum pernah ditunjukkan. Ajang ini juga tentunya menjadi ajang paling baru yang menggunakan platform YouTube Shorts sebagai medianya. Semoga Trending Star dapat berjalan lancar hingga menemukan pemenangnya,” ujar Lina Priscilla selaku CEO Star Media Nusantara.

“XL Google Trend Star partnership, merupakan salah satu key marketing program, yang ber-impact positif terhadap pertumbuhan positif akuisisi pengguna Esim dari Provider XL. Selain itu juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program digitalisasi di Indonesia, konsep audisi talent search yang biasanya offline, sekarang bisa dikolaborasikan dalam bentuk Online, selaras dengan product Esim sebagai bentuk digitalization sim card,” jelas Fajar Arieyanti selaku Head of Brand & Marketing Communication.

Sedangkan Director, Music Partnerships (India, South Asia & SEA) & Label Business Development (APAC), YouTube, Pawan Agarwal mengatakan bahwa YouTube sangat mendukung pertumbuhan media dan industri musik Indonesia.

“YouTube Impact Report 2022 terbaru menunjukkan bahwa YouTube mendukung pertumbuhan media dan industri musik Indonesia dengan menyediakan platform yang mudah diakses oleh penggemar domestik dan internasional, serta menjadi platform di mana masyarakat Indonesia dapat menemukan musik dan konten media yang baru dan beragam, juga mendukung artis baru memiliki peluang untuk menjangkau lebih banyak penonton,” ujarnya.

Pawan juga mengatakan bahwa YouTube sangat senang dapat bekerja sama dengan MNC Group dalam ajang Trending Star. 

“Di era di mana kami melihat kebangkitan kreator multiformat, kami sangat senang dapat bermitra dengan MNC Group melalui inisiatif Trending Star untuk menjadi pendorong bagi lebih banyak suara untuk didengar, bakat untuk ditemukan, dan komunitas orang-orang yang berpikiran sama untuk berkumpul - terutama dalam kategori musik,” jelasnya.

Audisi Trending Star akan dilaksanakan secara offline dan online. Audisi offline akan dilaksanakan di tiga kota, antara lain Yogyakarta, Malang, dan Denpasar. Keseluruhan aktivitas audisi akan dimulai pada 22 Mei 2023 di Yogyakarta secara offline.

  • Bagaimana tahapan audisi offline Trending Star?

        1. Calon peserta wajib mengunggah kemampuan bernyanyinya masing-masing melalui YouTube dalam rentang waktu serta menggunakan hashtag yang sudah ditentukan.

  • Yogyakarta (#JogjaIstimewa): 22 Mei 2023 - 12 Juni 2023
  • Malang (#NgalamRek): 12 Juli 2023 - 2 Agustus 2023
  • Denpasar (#DewataBali): 18 Agustus - 7 September 2023

    2. MD Radio di setiap kota akan memilih 50 peserta terbaik yang lolos ke tahap live audition. 

  • Yogyakarta: 25 Juni 2023
  • Malang: 13 Agustus 2023
  • Denpasar: 17 September 2023

    3. MD Radio akan memilih 30 peserta terbaik yang videonya akan dinilai oleh para juri di Jakarta.

    4. Juri akan memilih peserta terbaik yang berhasil lolos dari perwakilan setiap kota untuk mengikuti Trending Star Live Show di Jakarta. 

  • Bagaimana tahapan audisi online Trending Star?

      1. Calon peserta wajib mengunggah kemampuan bernyanyinya masing-masing melalui YouTube Shorts dalam rentang waktu yang ditentukan (1 Juli 2023 - 26 Agustus 2023).
        2. Calon peserta wajib mendaftarkan data dirinya melalui website StarHits (Starhits.id).
        3. Calon peserta yang lolos tahap Top 30 akan diumumkan pada 3 Oktober 2023.
        4. Video dari peserta yang lolos tahap Top 30 akan dinilai oleh juri di Jakarta.

Juri akan memilih peserta terbaik yang berhasil lolos untuk mengikuti Trending Star Live Show di Jakarta. 

Dari audisi offline dan online yang dilaksanakan, akan didapatkan 10 peserta yang berhak mengikuti Trending Star Live Show di Jakarta. Top 10 ini nantinya akan melaksanakan aktivitas karantina dari tanggal 23 Oktober 2023 hingga 19 November 2023.

Aktivitas karantina akan diisi dengan berbagai kegiatan bermanfaat, antara lain vocal coaching, character development, YouTube workshop, photoshoot, dan lainnya. 

Trending Star Live Show akan ditayangkan eksklusif melalui YouTube Channel HITS Records. Selain dari komentar para juri, pemenang pertama Trending Star Live Show yang berhak mendapatkan hadiah serta penghargaan akan ditentukan dari voting para penonton melalui fitur YouTube Voting.

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid 
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#TrendingStar
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Bermodal Literasi yang Kuat, Thea Memiliki Impian Menjadi Dokter!
Cerita Dibalik Layar  Petualangan Mamah Nada yang Tak Terungkap di YouTube
Mamah Nada Konten Kreator Asal Balikpapan Berhasil Mendapatkan Jutaan Pengikut di Berbagai Media sosial
Lebih dari Sekedar Hiburan, Mamah Nada Bawa Semangat dan Inspirasi Bagi Subscribernya Berpetualang di Alam

Pilihan Editor

List Category Article

Masuk Jajaran Spotify Radar Indonesia, Anggis Devaki Siap Dikenal Dunia!
Live Reaction ReXtion X Factor Season 4 Bangun Interaksi dengan Penggemar Secara Real Time!
Tereliminasi di Gala Show 3, Circle of Fifth Bangga Bisa Bangun Chemistry Sesama Anggota
Jadi Salah Satu Peserta Termuda, X Factor Season 4 Jadi Ajang Pencarian Bakat Pertama Kania Lituhayu!

Search Article