Nasib Pelaku Dunia Hiburan di Tengah Pandemi

  • HITS Records
  • 22 July 2021

Writer : Devi Arista Gunawan

 

Pandemi yang melanda Indonesia sudah berlangsung 1 tahun lebih, di mulai dari awal tahun 2020 tentu memukul banyak pihak, bukan hanya dari kalangan menengah ke bawah, tapi para pelaku bisnis juga mengalami kesulitan semenjak masa pandemi ini.

Tidak terkecuali para pelaku  indsutri hiburan, terutama industri musik yang terpaksa membatalkan rencana tour, konser hingga jumpa fans. Strategi promo juga harus diubah mengikuti aturan yang dibuat pemerintah selama PPKM berlangsung.

Berbincang dengan Head of Digital Business Development Hits Records sebagai label musik besar di Indonesia, Yusuf Febrian mengatakan, “tentu akibat pandemi ini kita jadi harus merubah banyak strategi ya, terutama dari kegiatan promosi para penyanyi kami, yang tadinya akan dibuat kegiatan tour ke beberapa kota, terpaksa hanya bisa dilakukan via online dengan para media”.

Hal ini memaksa para pelaku industri musik untuk terus memutar otak dan beradaptasi dengan kebiasaan baru, dimulai dengan banyaknya musisi yang beralih ke platform digital sebagai wadah mereka dalam mempromosikan karyanya hingga membuat konser secara virtual.

“Kita tidak bisa terus berdiam diri di tengah pandemi ini, para musisi kami juga ingin terus menghasilkan karya dan menghibur para penggemarnya, lewat beberapa konser virtual yang kami adakan pada tahun 2020, nyatanya cukup mendapat respon positif dari masyarakat terutama para penggemar musisi itu sendiri”, tambah Yusuf Febrian dalam wawancaranya.

Konser Virtual ini nampaknya bisa menjadi jawaban bagi para pelaku bisnis industri musik, karena faktanya semakin banyak brand yang mulai melirik kegiatan ini sebagai media sponsorship. Tentunya ini bisa menjadi bisnis baru yang bisa kembali menghidupkan industri musik di samping memberikan wadah bagi para musisi untuk bisa menghibur para penggemarnya.

Bekerja sama dengan beberapa brand besar di Indonesia, Hits Records sukses mengadakan konser virtual di kanal Youtubenya, mulai dari Konser Kebersamaan dan Superstar Stream Special Kemerdekaan yang di adakan tahun 2020 lalu, diikuti dengan YouTube Music Night With Raisa yang sukses diadakan pada awal 2021 lalu.

Kegiatan tersebut membuktikan atas kerja sama berbagai pihak, geliat industri musik mulai kembali memperlihatkan kebangkitan yang signifikan di tengah keberlangsungan pandemi. Tentu harapannya adalah agar semua pihak baik itu para musisi maupun tim di balik layar dapat terus optimis dalam menghasilkan karya dan konten – konten yang dapat menghibur masyarakat.

Creator's Article

Pukau Juri dan Penonton, Maretha Primadani Disebut Miliki Charm yang Memancar oleh Indra Aziz
Najmah Fariza Bawakan ‘Cinta Sampai Mati’ dengan Warnanya Sendiri, Indra Aziz: Aku Suka Banget!
Andmesh Kamaleng Puji Penampilan Naura Maritza Saat Live Show Top 10 Trending Star!
Tampil Memukau Bawakan Lagu Milik Grup Band Vierra, Ananda Dhevira dapat Pujian dari Bintang Emon!

Pilihan Editor

List Category Article

Masuk Jajaran Spotify Radar Indonesia, Anggis Devaki Siap Dikenal Dunia!
Live Reaction ReXtion X Factor Season 4 Bangun Interaksi dengan Penggemar Secara Real Time!
Tereliminasi di Gala Show 3, Circle of Fifth Bangga Bisa Bangun Chemistry Sesama Anggota
Jadi Salah Satu Peserta Termuda, X Factor Season 4 Jadi Ajang Pencarian Bakat Pertama Kania Lituhayu!

Search Article